PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN PACKAGING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT MADU CIHANJUANG DI KOTA PADANG

Authors

  • Delima Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Imtihan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Keywords:

Halal Certification, Product Packaging, Purchasing Decisions

Abstract

This research aims to determine the influence of halal certification and product packaging on purchasing decisions for Cihanjuang Honey Donuts in Padang City. This research uses quantitative methods using primary data and secondary data. The analytical tool used is multiple linear regression to determine hypotheses using the SPSS application. The population for this research were consumers of Cihanjuang Honey Donuts, Kayu Kalek Branch, Koto Tangah District, Padang City, while the sample size used was 30 respondents taken using Roscoe's Theory and the Accidental Sampling Technique. The results of the multiple linear regression equation in this study are Ŷ = 3.950 + 0.478X1 + 0.469X2. The results of this research partially show: 1) The halal certification variable has a positive and significant effect on purchasing decisions for Cihanjuang Honey Donuts in Padang City. 2) The product packaging variable has a positive and significant effect on purchasing decisions for Cihanjuang Honey Donuts in Padang City. Based on the results of the F test, the variables Halal Certification and Product Packaging simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions for Cihanjuang Honey Donuts in Padang City.

References

Asqalani Rifai, M. S., Nurhidayat, W., Prianka, W. G., Salsabila, F. L., & Nabilah, S. S. (2022). “Pengaruh Halal Awarness, Sertifikasi Halal dan bahan makanan Halal terhadap keputusan pembelian produk makanan di Era Pandemic Covid-19”. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1563–1576. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2566

Azizah, A. K. (2018). Pengaruh Kemasan, Label Halal, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasisiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. [Skripsi]. Tulungagung (ID): Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Darmawan, D. (2017). “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik”. Jurnal Agrimas, 1(1), 1–10.

Hasanah, U., & Sari, M. R. (2023). “Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Di Provinsi Bengkulu”. Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariahkonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2), 228–239.

Hayati, L. A. (2021). “Peran Packaging Terhadap Tingkat Nilai Jual Produk Olahan Keripik Buah Lena”. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(4), 551–561. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i4.255

Imtihan, & Irwandi. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Ikan Asin Di Kota Padang”. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 16(1), 75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15578/jsekp.v16i1.8534 75

Iranita, I. (2020). “Analisis Faktor-Faktor Kemasan (Packaging) Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh-Oleh Makanan Khas Tanjungpinang”. Bahtera Inovasi, 3(2), 182–193. https://doi.org/10.31629/bi.v3i2.3334

Julianti, S. (2014). The Art Of Packaging. PT Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, R. N., Wahab, Z., & Nailis, W. (2014). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Palembang). JEMBATAN - Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2, 133–150.

Mandasari, Y. (2019). “Sanksi Pidana Terhadap Kandungan Non Halal Terhadap Produk Makanan Bersertifikat Halal Yang Dilakukan Korporasi”. Soumatera Law Review, 2(2), 258. https://doi.org/10.22216/soumlaw.v2i2.4339

Muizzudin, & Kisti, S. A. (2020). “Pengaruh Sertifikasi Halal, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Botol Sosro”. ISLAMINOMICS: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 10(2), 137–151.

Pratama, K. A., & Fitra, J. (2020). “Pengaruh Sertifikasi Halal, Kemasan, dan Harga Terhadap Minat Beli Tiwul Instan”. JIMMBA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).

Pratiwi, D. P., & Falahi, A. (2023). “Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Desa Bangun Rejo Tanjung Morawa”. JBMA: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, X(1), 1–13.

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). “Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan”. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 3(2), 125–133.

Vachel, J., & Radianto, W. E. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk , Harga Produk , Dan Kasus Pada Jus Buah Depot Salmon Di Surabaya”. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4(5), 700–707.

Warto, & Samsuri. (2020). “Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia”. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Wells, L. E., Farley, H., & Armstrong, G. A. (2007). “The Importance Of Packaging Design For Own-Label Food Brands”. International Journal of Retail & Distribution Management, 35(9), 677–690. https://doi.org/10.1108/09590550710773237

Widiati, A. (2019). “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak”. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Delima, & Imtihan. (2024). PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN PACKAGING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT MADU CIHANJUANG DI KOTA PADANG. GREEN Journal: Journal of Economics and Business., 1(2), 83–92. Retrieved from http://jurnal.unusumbar.ac.id:8090/ojs/index.php/greenjournal/article/view/139