- Reviewer Board
- Peer Review Process
- Aim & Scope
- Publication Ethics
- Auhtor Guidelines
- Plagiarism Policy
- Article Processing Charge
- Open Access Statement
- Copyrigh & Licence
- Archive Policy
- Statistics
- Template
- Histori Jurnal
Peer Review Process
Publikasi artikel dalam Educa Journal (EJ) semata-mata bergantung pada validitas ilmiah dan koherensi sebagaimana dinilai oleh editor dan/atau peninjau sejawat kami, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut merupakan kontribusi yang bermanfaat bagi bidang tersebut. Educa Journal (EJ) mengakui upaya dan saran yang dibuat oleh pengulasnya.
Evaluasi Awal Naskah
Editor pertama-tama akan mengevaluasi semua naskah yang dikirimkan. Meskipun jarang, namun layak untuk menerima naskah yang luar biasa pada tahap ini. Mereka yang ditolak pada tahap ini tidak cukup orisinal, memiliki kelemahan ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup Educa Journal (EJ). Mereka yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke tim reviewer untuk ditinjau.
Jenis Ulasan Sejawat
Naskah yang dikirim umumnya akan ditinjau oleh dua hingga tiga pakar yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah tersebut ilmiah dan masuk akal, apakah naskah tersebut duplikat karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah tersebut cukup jelas untuk diterbitkan. Metodenya adalah blind peer review.
Tinjau Laporan
Peninjau diminta untuk mengevaluasi tentang:
- Validitas,
- Kesalahan (istilah maupun prosedur),
- Rancangan percobaan,
- Metodologi yang digunakan oleh penelitian yang dilaporkan,
- Signifikansi dan pentingnya temuan,
- Originalitas dan implikasi di lapangan,
- Referensi yang hilang atau tidak akurat,
- Memiliki hasil / temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan, dan
- Mengikuti pedoman etika yang sesuai.
Peninjau tidak diharapkan memperbaiki atau menyalin naskah. Koreksi bahasa bukan bagian dari proses peer review.
Keputusan
Peninjau menyarankan editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mencapai keputusan berdasarkan laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor bersifat final.
Menjadi Reviewer
Jika saat ini Anda bukan pengulas untuk Educa Journal (EEJ) tetapi ingin ditambahkan ke daftar pengulas, silakan hubungi kami. Manfaat dari peninjauan untuk Educa Journal (EEJ) termasuk kesempatan untuk melihat dan mengevaluasi pekerjaan terbaru di bidang penelitian terkait pada tahap awal, dan untuk diakui dalam daftar pengulas kami. Anda juga dapat mengutip pekerjaan Anda untuk Educa Journal (EJ) sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda.